Tugas Pengantar Kreativitas dan Keberbakatan 2 : Peringkat Penemuan

A. Peringkat Penemuan Paling Menarik
Menurut kami peringkat penemuan yang paling menarik adalah :
1. Floating Cities
2. Purifer (Water Purence)
3. Kinetic Electricity
B. Alasan
1. Floating Cities
Floating Cities adalah penemuan dimana sebuah kota dapat mengapung jika terjadi banjir. Berguna untuk mengatasi bencana banjir atau air bah. Jika banjir datang secara tiba – tiba maka rumah – rumah atau bangunan – bangunan tersebut akan terangkat sesuai dengan volume air yang datang. Floating Cities ini akan mengapung secara otomatis jika terjadi banjir. Karena memang konstruksinya disusun agar dapat mengapung.
2. Purifer (Water Purence)
Purifer merupakan teknologi penyaringan air yang berguna untuk mengubah air kotor menjadi air bersih. Purifer juga bahkan dapat menyaring air yang berlumpur dan air yang mengandung bahan logam. Purifer ini juga merupakan teknologi penyaringan air dalam jumlah yang besar.
3. Kinetic Electricity (Foot Power)
Kinetic electricity adalah penemuan teknologi yang megambil energi dari energi kinetik manusia. Seperti pijakan kaki orang – orang yang berjalan di trotoar dan tempat – tempat umum lainnya. Dari energi kinetik yang diambil dan diubah menjadi energi listrik ini dapat menjadi alternatif dan dapat berguna untuk menghemat energi.
C. Penerapan di Indonesia
1. Floating Cities
Floating Cities akan sangat berguna di Indonesia, terutama di Jakarta. Karena Jakarta termasuk daerah yang rawan banjir. Jika curah hujan tinggi, jakarta pasti akan banjir. Terlebih lagi Jakarta merupakan ibukota negara dan pusat masyarakat Jakarta. Jika terjadi banjir, aktivitas masyarakat akan terganggu. Karena banyak fasilitas umum yang terendam banjir. Dan di Jakarta yang padat penduduk ini, banyak rumah – rumah warga yang terendam banjir dan mereka terpaksa mengungsi. Floating cities adalah solusi yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan banjir di Jakarta. Gedung – gedung dan rumah – rumah dapat terhindar dari terendam banjir. Bangunan – bangunan akan mengapung dengan sendirinya jika ada banjir. Paling tidak membuat lingkungan menjadi sedikit lebih sehat, karena rumah tidak perlu becek dan kotor karena terendam oleh banjir.
2. Sling Short (Water Purence)
Sangat berguna untuk mengatasi kekurangan air bersih di Indonesia. Karena jumlah populasi meningkat sedangkan semua orang membutuhkan air. Dan menyebabkan kelangkaan air. Indonesia juga termasuk negara tropis, maka saat musim kemarau akan menjadi rentan atau minim bersih. Dan di Indonesia juga banyak sumber daya air seperti sungai, laut yang kurang terjaga kebersihannya yang menyebabkan airnya menjadi keruh dan tidak dapat di konsumsi. Tetapi jika ada teknologi kita dapat memanfaatkan air yang tidak bersih untuk di gunakan ataupun di konsumsi dengan mengubahnya menjadi air bersih.
3. Kinetic Electricity (Foot Power)
Indonesia memiliki banyak penduduk dan setiap orangnya menggunakan listrik. Kebutuhan energi lebih banyak dibandingkan pasokan listriknya sendiri. Hal ini dapat menyebabkan krisis energi listrik. Belum lagi semakin banyak gedung – gedung perkantoran, hotel yang semakin banyak di bangun di Indonesia yang banyak menggunakan energi listrik untuk berbagai macam keperluan. Krisis listrik dapat mengganggu kegiatan perekonomian, contohnya saja jika ada pemadaman bergilir. Banyak usaha – usaha yang terhambat pekerjaannya karena pemadaman listrik. Dengan kinetic electricity ini dapat dijadikan energi alternatif untuk mengurangi penggunaan energi listrik secara langsung. Energi listrik ini paling tidak dapat digunakan fasilitas – fasilitas umum yang ada. Dan dapat mengurangi pemadaman listrik bergilir. Teknologi ini juga dapat di terapkan di desa – desa yang masih mengalami kesulitan mendapatkan energi listrik. Apalagi masyarakat desa biasanya masih jarang menggunakan kendaran untuk berpergian dan lebih sering berjalan kaki. Energi kinetik tersebut sangat baik jika ternyata dapat berguna untuk dirubah menjadi energi listrik dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.
D. Sumber Daya yang Mendukung.
1. Floating Cities
• Sumber daya manusia. Karena membutuhkan arsitek untuk merancang dan membangunnya.
• Air. Seperti contohnya laut, danau, sungai. Karena floating cities harus dibangun di atas air agar bisa mengambang.
2. Purifer
• Manusia. Dibutuhkan sumber daya manusia seperti para ilmuawan yang membuat dan mengembangkan dan merealisasikan ide tersebut.
• Sumber Daya Air. Karena air yang paling dibutuhkan dalam hal ini. Harus ada sumber daya air terlebih dahulu agar teknologi ini dapat bermanfaat.
3. Kinetic Elcetricity (Foot Water)
• Sumber Daya Manusia. Yang paling penting dalam teknologi ini adalah manusia. Karena selain yang dapat menghasilkan energi kinetiknya adalah manusia, yang dapat membuat, merancang dan menjadikannya sebuah teknologi adalah para teknisi.
• Jalan. Yang dapat dilalui manusia. Seperti trotoar, jalan raya, koridor kantor, sekolah, tempat perbelanjaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s